Sabtu, 22 Oktober 2011

Hukum Newton


HUKUM NEWTON
A.Pengertian Hukum Newton
1.HUKUM NEWTON I
Hokum newton I disebut juga hukum kelembaman (Inersia).
Sifat lembam benda adalah sifat mempertahankan keadaannya, yaitu keadaan tetap diam atau keaduan tetap bergerak beraturan.

DEFINISI HUKUM NEWTON I
Setiap benda akan tetap bergerak lurus beraturan atau tetap dalam keadaan diam jika tidak ada resultan . contohnya adalah:

1)     Ketika kamu mendorong sebuah balok di atas meja,yang permukaannya datar kamu akan melihat bahwa balok tersebut akan cenderung bergerak dan kemudian berhenti .Akan tetapi .pada saat permukaan meja tersebut diperhalus, balok akan cenderung terus bergerak.
kejadian itu dipelajari pertama kali oleh sir issac newton dan dinyatakan sebagai HUKUM NEWTON I yang menyatakan bahwa ‘’suatu benda akan tetap diam atau tetap bergerak lurus beraturan jika resultan gaya yang bekerja pada benda itu sama dengan nol (0).
2)   hukum newton 1 :benda diam yang kamu taruh dimeja ga akan jatuh, kecuali ada gaya luar yang bekerja pada benda itu



gaya (F) yang bekerja pada benda itu, jadi:
S F = 0   a = 0 karena v=0 (diam), atau v= konstan (GLB)



2.HUKUM NEWTON II

Contohnya:
1)     hukum newton 2 : kamu pake sabuk,jadi waktu kamu tersentak kedepan ada gaya penahan dari sabuk sehingga tubuh tertahan.

a = F/m
S F = m a
S F = jumlah gaya-gaya pada benda
m = massa benda
a = percepatan benda

Rumus ini sangat penting karena pada hampir semna persoalan gerak {mendatar/translasi (GLBB) dan melingkar (GMB/GMBB)} yang berhubungan dengan percepatan den massa benda dapat diselesaikan dengan rumus tersebut.

HUKUM NEWTON        III

DEFINISI HUKUM NEWTON  III

Jika suatu benda mengerjakan gaya pada benda kedua maka benda kedua tersebut mengerjakan juga gaya pada benda pertama, yang besar gayanya = gaya yang diterima tetapi berlawanan arah. Perlu diperhatikan bahwa  kedua gaya tersebut harus bekerja pada dua benda yang berlainan.
F aksi = - F reaksi
N dan T1 = aksi reaksi (bekerja pada dua benda)
T2 dan W = bukan aksi reaksi (bekerja pada tiga benda)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar